Resep Ayam Rica Rica

Resep Ayam Rica Rica

Salah satu cara untuk mengolah ayam agar menjadi enak dan lezat adalah dengan membuatnya jadi ayam rica rica. Resep Ayam Rica Rica ini merupakan resep masakan yang cukup terkenal di Indonesia yang berasal dari kota Manado. Ayam Rica Rica atau yang juga dikenal dengan Rica rica ayam ini merupakan masakan khas dari Manado yang memiliki rasa yang sangat pedas yang dapat meningkatkan nafsu makan Anda ketika menyicipi masakan khas rakyat Manado ini. Dalam memasak Ayam Rica Rica ini sama sekali tidak menggunakan santan sehingga bagi Anda yang takut gemuk atau sedang mengikuti program diet tidak perlu khawatir mengkomsumsi resep ayam rica rica ini. Selain itu kulit ayam yang banyak mengandung lemak, dalam pembuatan ayam rica-rica tidak digunakan. Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menyajikan sajian spesial khas masyarakat Manado ini di meja makan rumah Anda? Tentu saja Anda bisa melakukannya, karena pembuatan ayam rica rica sangat gampang dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya .

Resep Ayam Rica-Rica:

Bahan Untuk Membuat Ayam Rica Rica:
1 ekor ayam (buang kulitnya, potong-potong sesuai selera)
1 buah bawang Bombay (iris-iris tipis)
2 buah daun jeruk (akan lebih wangi jika daun jeruk disobek-sobek)
2 batang serai (memarkan)
1 buah jeruk nipis (ambil air perasannya)
1 buah daun pandan (potong empat degan menggunakan tangan)
500 ml air
Minyak untuk menumis
Garam secukupnya
Gula secukupnya (pengganti penyedap instan)

Bumbu Ayam Rica Rica (dihaluskan):
1 buah tomat ukuran besar
2 cm jahe
4 siung bawang putih
5 buah cabe merah
10 buah cabe rawit

Cara Memasak Ayam Rica Rica
Ayam yang sudah dipotong-potong diberi 1/4 perasan jeruk nipis, diamkan sebentar agar perasan jeruk nipis meresap ke ayam. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga tercium wangi. Masukkan irisan bawang Bombay, daun jeruk, daun pandan dan juga serai yang sudah dimemarkan. Masukkan daging ayam dan air, aduk rata. Tambahkan sisa air perasan jeruk nipis, garam dan sedikit gula, aduk kembali dan tutup. Aduk sekali-sekali. Biarkan bumbu meresap dan air mengering. Angkat dan sajikan.

Ayam Rica-Rica yang memiliki rasa yang sangat pedas ini sangat cocok bila dalam penyajiannya ditambah dengan beberapa lalapan segar. Bagi Anda yang suka pedas, Anda dapat menambah irisan cabe rawit diatas ayam rica-rica ini yang menjadikan rasa pedas yang terdapat pada masakan khas Manado ini semakin enak dan lezat. Dengan ditemani nasi hangat akan semakin membuat ayam rica rica ini semakin nikmat untuk dinikmati.

0 comments:

Post a Comment