Resep Ayam Taliwang Spesial

Resep Ayam Taliwang Spesial - Menikmati kuliner dari Pulau Lombok yang satu ini, membuat kita belum puas jika hanya sekali mencoba. Namun haruskah untuk dapat menikmati ayam Taliwang, kita harus bolak-balik ke Pulau Lombok? Tentu tidak, karena Anda juga bisa menghadirkan sajian istimewa yang satu ini. Meskipun tidak menikmatinya langsung dari Pulau Lombok, keistimewaan ayam Taliwang, kapanpun bisa anda hadirkan.

Resep Ayam Taliwang Spesial
Ayam Taliwang yang bumbu aslinya berasal dari Kampung Karang Taliwang, merupakan masakan ayam dengan bumbu khusus. Setelah dibumbui, ayam ini selanjutnya dibakar. Namun, resep yang akan kita coba ini berbeda dengan resep ayam bakar lainnya. Jika anda penikmat ayam bakar, biasanya sensasi pedas tidak Anda rasakan langsung pada daging ayamnya. Karena ayam bakar lazimnya, tidak memiliki unsur cabe pada pada saat pembakaran. Cabe biasanya diletakkan tersendiri. Namun untuk sajian spesial ini, unsur cabe selalu ada baik pada saat pemasakan maupun setelah dibakar. Selain itu dengan menambahkan kunyit serta daun kunyit dalam bumbunya, membuat sajian yang satu ini semakin menggoda selera. Aroma khas dari daun kunyit ini akan semakin menambah aroma dari ayam Taliwang Spesial. Nah, sajian khas inilah yang akan menjadikan ayam Taliwang ini menjadi spesial.

Resep Ayam Taliwang Spesial:

Bahan Ayam Taliwang Spesial:
1 Ekor ayam ukuran sedang yang sudah di potong-potong sesuai selera
1 Buah jeruk nipis (diambil airnya)
200 ml santan kental
1 Buah daun kunyit (iris-iris tipis)
Dua batang serai

Bumbu-bumbu Ayam Taliwang Spesial (dihaluskan:
4 Buah bawang merah
2 Siung bawang putih
10 Buah cabe merah
1 cm kencur
2 cm kunyit
1 Buah tomat merah
Gula merah secukupnya
Sedikit terasi
Garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Taliwang Spesial:
Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan 3/4 bumbu yang sudah dihaluskan dan daun kunyit yang telah diiris halus, biarkan sebentar hingga bumbu sedikit meresap. Ungkap ayam hingga ayam matang.

Campurkan 1/4 bumbu halus yang masih tersisa dengan santan kental, tambahkan garam bila perlu. Memarkan serai untuk mengoleskan santan dan bumbu.

Bakar ayam yang telah diungkap dengan bara sambil dioles dengan santan yang sudah dibumbui. Jangan lupa untuk membolak-balik, hingga masaknya merata.

Warna kuning yang sangat menggoda pada ayam Taliwang yang berasal dari kunyit ini serta wangi khas daun kunyit menjadikan ayam Taliwang yang Anda buat menjadi spesial. Jangan lupa menyajikannya dengan sambal spesial yang bisa anda buat dari campuran cabe, tomat, garam dan sedikit gula.

Ada banyak jenis sajian masakan ayam yang bisa anda nikmati. Mulai dari ayam goreng, ayam gulai hingga ayam bakar. Untuk ayam Taliwang spesial akan semakin terasa istimewa jika Anda juga menyajikan dengan berbagai lalapan segar. Sajian masakan ayam dari Pulau Lombok ini, bisa menjadi menu spesial keluarga anda. Sajian spesial untuk momen-momen spesial keluarga Anda.

0 comments:

Post a Comment