Resep Ayam Semur Spesial

Untuk Anda pecinta olahan ayam, rasanya belum lengkap sebelum mencoba untuk merasakan lezatnya semur ayam special. Apalagi jika kita dapat langsung menyajikan untuk orang-orang special kita, rasanya ada kebahagiaan tersendiri yang menyeruak masuk ke tengah-tengah rumah. Semur ayam merupakan olahan daging ayam yang khas menggunakan kuah dan berkecap. Pastinya buah hati tidak akan menolak untuk diberikan sajian menu yang satu ini, karena biasanya anak-anak sangat senang dengan makanan yang berkuah ditambah lagi memiliki cita rasa manis. Untuk yang ingin menyajikan Semur Ayam Spesial langsung dari dapur Anda KPR akan berbagi resep untuk Anda.


Resep Ayam Semur Spesial

Bahan Memasak Ayam Semur Spesial
1 ekor ayam (potong sesuai selera, alangkah baiknya tidak terlalu besar)
5 sdm kecap manis
2 buah jeruk kasturi (ambil airnya saja)
1 buah tomat ukuran besar (iris-iris agak besar)
1 cm jahe (iris-iris tipis)
500 ml kaldu ayam (bisa juga menggunakan kaldu bubuk tanpa msg)
½ sdt lada bubuk (sesuai selera)
2 batang daun seledri (iris-iris kasar)
1 sdm saus tiram
Gula secukupnya
Garam secukupnya (perpaduan gula dan garam sebagai penyedap rasa)
Minyak untuk menumis
Bawang goreng secukupnya (untuk taburan di atas semur ayam)

Bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
5 buah bawang merah
½ buah pala (bisa menggunakan pala bubuk)

Cara memasak Semur Ayam Spesial:
Potongan ayam yang sudah dibersihkan diberi perasan jeruk kasturi (Anda dapat cium betapa wanginya jeruk yang satu ini). Kita dapat mendiamkan sebentar agar perasan jeruk meresap dan ayam tidak berbau amis.
Haluskan bumbu (untuk bumbu yang dihaluskan)
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan irisan jahe hingga wangi. Masukkan ayam, kecap manis, saus tiram, irisan tomat, potongan seledri, aduk hingga rata.
Tambahkan kaldu ayam, aduk kembali hingga bumbu tercampur rata. Rasakan tingkat keasinannya, beri sedikit gula yang akan memberikan rasa gurih pada semur ayam ini. Masak hingga mendidih dan ayam benar-benar empuk dan matang. Angkat dan sajikan. Taburkan bawang goreng di atasnya. Semur Ayam Spesial ini dapat disajikan hangat ataupun dingin, namun ada kenikmatan lebih jika langsung disajikan hangat.

0 comments:

Post a Comment